sElaMat WelCoMe To GomBoL WeB CiTy

Minggu, 07 Desember 2008

Cerita tentang hardisk dan cara perawatanya




 

Temand, tahukah kalian apa itu hardisk? Hardisk yaitu perangkat computer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas besar. Hardisk adalah perangkat keras yang sangat fital dalam computer. Tanpa hardisk kita bisa kesulitan untuk menyimpan data. Dimana lagi coba kalu ga ada hardisk?? Di flashdisk? Iya kalau datanya Cuma sedikit, kalau banyak? Nah loO…!! Sekaran sudah ada loh, hardisk external, bentuknya kecil, pake USB, tapi kapasitasnya ckup lumayan loh.., bias sampai 120Gb. Keren ya??
tuh kan, unik. Ya nggak cuman bentuknya tok sih yang unik, HARganya juga unik loh… mungkin bagi panjenengan yang berkantong KAndel alias tebal bias dengan mudah to Get it. Nah kalo saya?? Kapan yah punya kayak gituan….?? Hehehehe…


Oiya lupa, hardisk biasanya diparisi menjadi beberapa bagian, sesuai dengan keinginan si Programer. Tapi saya sarankan supaya jangan terlalu banyak membagi hardisk. Cukup 2-3 bagian aja. Soalnya makin banyak partisi bias memperlambat proses kerja computer. Bias-bisa computer jadi lelet. Sukur2 si ngga dipartisi. Tapi terserah deh,, tergantung kebutuhan masing2. Untuk memperpanjang usia hardisk perlu dilakukan beberapa perawatan yang rutin. Jangan Cuma badan yang di rawat, hardisk juga dong…!! Kan kacian. Iya g? pertama, sering-seringlah defrag tu hardisk, supaya nggak ada tempat yang menjadi bad sector. Minimal ya seminggu sekali. Sukur-sukur sih tiap hari. Kedua kasih FAN pada bagian bawah hardisk. Dengan adanya fan/pendinginsuhu hardisk bias terjaga. Dan menjadi lebih lega. Ya kaya kamu itu.. kalo dikipasin kan jadi ENAK… teus jangan mematikan computer secara paksa karena bias menyebabkan plater menyentuh bagian hardisk, dan mengakiBATKAN kerusakan pada hardisk. Begitu pula kalau mati lampu. Ya kurang lebih seperti itu lah cara perawatan hardisk.. moga berguna ya…!!
Terus jaya dunia computer Indonesia…!!!

Tidak ada komentar:

daftar isi....





mau coba...????