sElaMat WelCoMe To GomBoL WeB CiTy

Senin, 15 Desember 2008

tips menjaga berat badan yang ideal

Untuk menjaga berat badan yang ideal memang gampang-gampang susah, karena harus dapat menjaga segala makanan yang berprotein tingi dan berlamak, akan tetapi baukan berarti kita harus menolak itu semua kan...??? sebab protein dan gizi itu diperlukan bagi tubuh kita. Bagaimana tidak, jika kita kekurangan protein dan gizi, tubuh kita mudah terasa lelah, lemah, kurus, yang akhirnya mudah terserang segala macam penyakit atau yang berakibat kekurangan gizi.


Oleh karena itu ada tips diet yang sehat, yaitu diet yang mencukupi kebutuhan kaya akan gizi yang diperlukan oleh tubuh agar kebal dari segala macam serangan penyakit. Selain berusaha dengan cara berolahraga secara teratur, menghindari makanan yang berlebihan serta melakukan aktifitas yang seimbang itu pila dapat mempertahankan seseorang mempertahankan berat badan yang ideal.
Akhir-akhir ini telah terbukti penyakit ada umumnya yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur, sehingga munculah penykit seperti: diabetes mellitus, prostat, stroke, kanker usus besar, dan hipertensi atau yang sering dikenal dengan tekanan darah tinggi
Ada beberapa kabutuhan gizi bagi manusia yang dianggap penting dan di kelompokan yaitu:
a. Hidrat arang, sebagai bahan bakar
b. Lemak, sebagai pembangun jaringan lemak
c. Protein, sebagai sumber pembangun otot/sel
d. Vitamin dn mineral dari semua makanan
e. Serat gizi, terdapat dari sayuran dan buah

Tips diet sehat yang dapat dianjurkan adalh sebagai berikut:
 Mengkonsumsi makanan dengan bervariasi, agar memperoleh segala gizi yang diperluakan oleh tubuh
 Protein yang cukup; yaitu 10-15 En%(presentasi dari jumlah energi total yang diperlukan sehari)
 Makanlah ikan berlemak, minimal seminggu 2 kali.; seperti ikan tongkol, kembung, sardencis, dan salem
 Mengurangi dari makanan yang berlemak, yaitu 25-30 En% denga maksimal 1/3 lemak jenuh(hewan), ca 1/3 asma lemak cistak-jenuh-mono dan ca 1/3 cistak jenuh ganda.
 Pemasukan hidrat arang; 55-56 En%. Yang terdapat pada roti, kentang, nasi, singkong, talas, ubi, buncis, dan sayuran.
 Mengurangi yang berkolesterol, dalam sehari 3-4 telur.
 Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan; yaitu dalam sehari sayuran ca 200 gram
 Vitamin dan mineral secukupnya, yaitu dengan bervariasi
 Garam secukupnya yaitu dalam sehari 3-5 gram.
 Minum air secukupnya(kopi, teh, limun, dan lain sebagainya) guna menjaga keseimbangan tubuh lebih kurang 2 liter air putih, selain disebutkan minuman diatas.
Nah gimana anda tertarik?? Silahkan mencoba. Dengan beberapa saran yang saya tulis semoga dapat bermanfaat. Budayakan hidup sehat di lingkungan anda. Kesehatan adalah segalanya. Jagalah kesehatan anda, anak anda, dan semua keluarga anda. Dan kurangi global warming dengan menanam sedikitnya satu pohon besar di depan rumah atau di pekarangan anda. Ajak semua warga sekitar dan bumi akan kembali seperti dahulu.














Tidak ada komentar:

daftar isi....





mau coba...????