sElaMat WelCoMe To GomBoL WeB CiTy

Rabu, 24 Desember 2008

dunia komputer

Dalam dunia komputer dikenal hardware, software, dan network ( jaringan ). Dari ketiga hal tersebut dapat dilihat perkembangannya dalam dunia IT saat ini baik yang terjadi di Asia, khususnya di Indonesia dan di dunia secara umum. Secara umum dapat dikatakan bahwa dunia computer dan IT khususnya di Indonesia masih sangat kurang, perkembangannya sangat lambat. Hal ini berbeda jauh dengna perkembangan di negara lain baik di Asia maupun di belahan dunia lain.

Hardware merupakan salah satu bagian computer yang terdiri dari peripheral atau perangkat kerasnya. Jika dilihat dan dibandingkan perkembangannya dengan bidang software maka dapat dikatakan bahwa perkembangan hardware lebih cepat. Namun tidak menutup bahwa software juga terus berkembang. Contoh perkembangan hardware saat ini dapat dilihat dari perkembangan prosesor yang sudah beredar di masyarakat saat ini. Dalam dunia computer terdapat beberapa jenis computer yakni IBM, APPLE, PC, dan masih banyak lagi. Di Indonesia mungkin lebih banyak didapati computer PC maupun IBM namun di Eropa masih terdapat computer Apple. Komputer PC ini juga dibedakan lagi menjadi beberapa bagian berdasarkan prosesornya diantaranya adalah AMD dan INTEL. Letak perbedaannya adalah arsitektur controllermemorinya. Hal ini berhubungan erat dengan sejarah computer pertama kali serta bagaimana perkembangannya. Tentu saja perkembangan dan pertambahan jenis ini diddasari oleh hardware yang digunakan.

Jika hardware dibandingkan dengan software dari segi profit yang lebih menjanjikan maka dapa ditarik kesimpulan bahwa kedua-duanya memiliki profit yang sama-sama menjanjikan. Contohnya dapat dilihat dari Bill Gate sendiri yang sudah memiliki perusahaan Microsoft. Pada awalnya ia ikut dengan teman-temannya dalam pembuatan computer tipe Apple namun melihat bahwa computer ini akan memiliki kelemahan dalam mengikuti perkembangan hardware dan software maka ia keluar dan membuat sebuah tipe baru yang nantinya dapat menyesuaikan dengan perkembangan software maupun hard-ware dan pada saat ini kita mengenal yang namanya Microsoft. Software merupakan perangkat lunak yang nantinya dibuat untuk menjalankan atau mengoperasikan perangkat keras ( hardware ). Yang lebih real bahwa hubungan antara hardware dan software berbanding lurus dalam artian bahwa tidak ada kepincangan dalam perkembangannya. Perkembangan keduanya ditentukan oleh permintaan user dan kemajuan tehnologi yang ada.

Satu hal yang saat ini lagi asik dibicarakan adalah jaringan ( network ). Dalam kehidupan sehari-hari kita lebih mengenal LAN yang mana merupakan jaringan local. Komunikasi antar computer sangat dibutuhkan sehingga pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat. Yang sangat peting dalam dunia jaringan ini adalah data. Mengapa data, karena kerahasiaan data sangat diutamakan oleh user. Pada saat ini kita mengenal istilah hacking dan lain sebagainya yang sejenisnya biasanya beroperasi untuk mencuri, merusak data, sebagai contoh Indonesia termasuk negara terbesar yang banyak menghacking dan juga khasus penjebolan KPU. Tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan user. Untuk mengatasi masalah ini perlu system security yang lebih mantap dan karena itu di negara-negara maju dapat kita temui polisi-polisi jaringan. Mereka yang bekerja khusus menangani pihak-pihak yang kaan merusak ataupun mencuri data. Jaringan yng tercipta saat ini bukan hanya sekedar LAN namun sudah berkembang kelingkup yang lebih luas lagi yakni Internet. Dalam system pengiriman datanya juga sudah berbeda. Salah satu bentuk pengiriman datanya adalah memisah data yang akan dikirim lewat satelit dan daerah yang berbeda-beda sehingga data dapat lebih aman namun data akan utuh pada saat sudah diterima oleh user. Selain data yang perlu diperhatikan dalam tehnologi ini adalah topologi jaringan yang dipakai.

Seiring dengan perkembangan Tehnologi Informasi, apakah akan merusak terhadap budaya. Hal ini tentu saja tidak beralasan karena budaya juga merupakan bagian dari tehnologi dan begitu pula halnya tehnologi merupakan bagian dari budaya. Sebagai contohnya adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur pada zamannya dibagun berdasakan tehnologi yang terdapat dan berkembang pada saat itu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perkembangan budaya sesuai dengan perkembangan tehnologi yang terjadi pada saat itu. Perkembangan IT tidak menggeser nilai budaya yang sangat tinggi. Justru sebaliknya bahwa budaya dan tehnologi saling mendukung.



Tidak ada komentar:

daftar isi....





mau coba...????