sElaMat WelCoMe To GomBoL WeB CiTy

Minggu, 07 Desember 2008

jaringan lan, man, dan lan





Jenis rangkaian computer yang asas digunakan dalam network
Jenis rangkaian sebenarnya mengikui letak geografi computer tersebut diletakan. Bingung yah..?? maksudnya tergantung dari penempatan computer dimana saja. Missal satu diruang tamu, satunya lagi diruang makan. Gitu… dari beberapa rangkaian computer yang aku tau diantaranya yaitu:

1. Rangkaian Kawasan Setempat (Local Area Network - LAN)
2. Rangkaian Kawasan Metropolitan (Metropolitan Area Network - MAN)
3. Rangkaian Kawasan Luas (Wide Area Network - WAN)
Pertama mari kita bahas rangkaian LAN dulu yah…!!
Rangkaian LAN seringkali dipake di suatu gedung2, kampus, sekolah, dan ruangan2 sepeti warnet2 yang ada di sekitar sini. Ngomong-ngomong LAN itu apa ya?? Ada yang tau?? Nah q duluan yang jawab ya..!! LAN itu menurutQ adalah suatu rangkaian yang menghubungkan satukomputer dengan computer lainya tapi,, ada tapinya lohh… LAN digunakan untuk computer yang jaraknya tidak terlalu jauh, atau masih satu gedung. Dengan kata lain, lan digunakan untuk rangkaian computer dalam lingkub sempit, kecil. Neh gimana?? Dah tau..??nih gambar dibawah…

Sekarang kita beralih dari LAN ke MAN. Apa itu MAN…?? Sebenarnya man hamper sama dengan LAN yaitu menyambungkan satuPC dengan PC lain, tetapi hanya yang membedakan adalah sempit-luasnya jaringan. MAN lebih luas dibandingkan dengan LAN. Rangakian MAN jika dimisalkan yah, seperti induknya LAN. Maksud g?? misalnya kalu LAN masih dalam satu gedung kan, tapi MAN antar gedung. Kira-kira seperti itulah MAN. Lebih jelasnya liatin tuh gambar dibawah…!!

Hehehe… gimana?? Masih tertarik ma konsep rangkaian computer?? Pasti masih dunk..!! diatas kita tau apa itu LAN,MAN. Nah tinggal yang terakhir nihh.. WAN. Aneh ya..!! WAN hehe kelihatanya gimana getoo.. singkat aja ya..!! WAN yaitu suatu rangkain eh, maksudnya konsep rangkaian computer dalam suatu jaringan yang mencakup daerahyang luas. Namanya juga WAN. Dari singkatanya udah jelas. Nggak dijelasin juga pasti udah punya bayangan sama kaya aku. Nih gambarnya di bawah….

Sekarang ngerti ngga?? pokokNYA dari ketiganya klo aku bilangin sih Cuma beda luasnya tOK. Tapi bagi anda yang kurang puas dengan artikel Ne, ya gmna yah…?? Ya sAbar ya.!! Cari di web laen kan banyak. Tapi klo msih pnasaran ma yang nulis, bsa ko tnya lewat elfondayuda@yahoo.co.id tetep cari ilmu di WEB yaH.. supaya Negara bias maju. HIDUP INDONESIA…!!!

Tidak ada komentar:

daftar isi....





mau coba...????